Tips menghadapi tanggung jawab sehari hari

Dari kehidupan sehari-hari kita takan pernah lepas dari namanya tanggung jawab. Namun banyak dari orang yang lari seperti takut menghadapi apa yang dia lakukan. Padahal kalau kita pikir secara normal kenapa kita takut menghadapi perbuatan kita sendiri.

Di tulisan ini saya akan berbagi beberapa tips menghadapi tanggung jawab:
  1. Cara pertama yakni anda harus berani menghadapi resiko nya, tak jarang dari beberapa orang takut bertanggung jawab di karena kan takut menghadapi resiko yang akan di berikan kepadanya. Jika anda berani menerima resiko atau pun hukuman itu memberikan poin plus dalam batin anda untuk lebih berbuat baik dan memperbaiki kesalahan
  2. Mempunyai alasan yang jelas, jika anda melakukan kesalahan yang di sengaja dikarenakan hal penting misalnya mengantar anak sakit dan anda harus bolos kerja, anda harus bisa menjelaskan dengan tepat ke pada atasan anda agar tidak mendapat teguran yang lebih keras. 
  3. Perbaiki kesalahan, setelah anda melakukan kesalahan dan sudah mempertanggungjawabkan anda harus berpikir tidak akan mengulangi nya lagi. Memperbaiki kesalahan merupakan hal yang harus di lakukan semua orang untuk terhindar dari hukuman atau tanggung jawab yang lebih besar.
  4. Mengambil keputusan, yang di maksud di sini mengambil keputusan bukan keputusan untuk lari namun keputusan yang terbaik untuk kedua belah pihak misalnya anda menabrak orang dan anda di tuntun dengan tuntutan tidak masuk akal anda tidak perlu lari ajukan banding dengan bukti-bukti yang meringankan anda namun tidak merugikan pihak kedua.
Semoga dari beberapa kata di atas anda tau pentingnya tanggung jawab dan mampu melakukan hal positif dalam menyikapinya. sebenarnya tanggung jawab tidak menakutkan seperti hantu atau hal lain yang membuat mati seseorang mengapa kita harus takut menghadapinya.

Terima kasih telah berkunjung di blog saya jika ada tulisan yang tidak jelas atau saran yang bermakna bisa koment di bawah atau langsung e-mail.
Previous
Next Post »